Tips dan Khasiat Parasetamol

15 Mar 2019
kategori Kesehatan
Obat Paracetamol

Parasetamol adalah salah satu obat penurun demam dan menjadi obat yang paling dicari untuk menurunkan demam pada anak.

Parasetamol merupakan salah satu obat demam yang dapat dibeli dengan bebas di apotik, toko obat dan modern trade, tetapi dalam penggunaanya tentu saja harus tetap memperhatikan pakem atau dosis yang dianjurkan.

Apa yang dimaksud dengan parasetamol dan khasiatnya?

Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit dan demam yang paling banyak digunakan. Kepopulerannya terutama disebabkan obat ini memiliki sedikit efek samping dan lebih ringan di perut.

Khasiat Parasetamol :

  1. Parasetamol merupakan obat analgesik

Parasetamol bekerja membantu mengurangi rasa sakit. Parasetamol memblokir pesan rasa sakit di sistem saraf pusat, bukan pada sumber rasa sakit.Parasetamol digunakan untuk meringankan nyeri ringan sampai sedang, termasuk sakit kepala, migrain, nyeri otot, neuralgia, sakit punggung, nyeri sendi, nyeri rematik, sakit gigi, nyeri tumbuh gigi, artritis, dan nyeri menstruasi.

  1. Parasetamol merupakan obat antipiretik

Parasetamol adalah antipiretik yang dapat mengurangi demam dengan mempengaruhi bagian otak yang disebut hipotalamus yang mengatur suhu tubuh. Efek ini membuat parasetamol banyak digunakan dalam obat-obatan untuk batuk, pilek dan flu. Secara khusus, parasetamol diberikan kepada anak-anak setelah pemberian vaksinasi untuk mencegah demam pasca-imunisasi.

Parasetamol Obat Demam Setelah Imunisasi

Dengan adanya berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyerang anak, maka sangat perlu dilakukan imunisasi pada anak. Imunisasi merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme tersebut. Pada umumnya setelah dilakukan imunisasi pada anak akan berdampak demam pada anak. Untuk mencegah atau mengatasi demam yang muncul sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), orang tua biasanya memberikan anak parasetamol. Pemberian parasetamol juga dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran orangtua terhadap timbulnya demam setelah imunisasi tersebut.

Tips Konsumsi Parasetamol Sebagai Obat Demam :

Beberapa tips berikut perlu diperhatikan bila Anda mengambil paracetamol untuk pengobatan sendiri:

  • Konsumsi parasetamol sesuai dengan anjuran pada label, yang didasarkan pada umur dan berat badan. Dosis parasetamol yang disarankan untuk bayi dan anak-anak adalah 60 mg per kg berat badan per hari.
  • Pada saat konsumsi parasetamol, berikan jeda waktu antara dua dosis parasetamol. Jeda waktu minimal 4 jam atau 6 jam pada anak-anak. Sebagai contoh, pada anak-anak diberikan 10 mg per kg bb setiap 4 jam atau 15 mg per kg bb setiap 6 jam.
  • Waspadai interaksi parasetamol dengan obat lainnya.
  • Parasetamol tidak menimbulkan kecanduan,
  • Mintalah nasihat medis dari dokter jika demam berlangsung lebih dari 3 hari.
  • Cegah konsumsi kelebihan dosis parasetamol dengan memperhatikan pada saat mengonsumsi obat lain, pastikan obat itu tidak mengandung parasetamol, atau acetaminophen (nama lainnya). Banyak obat dengan berbagai merk yang mengandung parasetamol, baik sebagai zat tunggal atau dalam kombinasi dengan zat lain.